Gunung Semeru Luncurkan Letusan Awan Panas

 Gunung Semeru Luncurkan Letusan Awan Panas

MEDIAKUNEWS -- Gunung Semeru yang mempunyai ketinggian 3.676 mtr. di atas laut (mdpl) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur luncurkan awan panas letusan di kurun penilaian gunung api itu, Rabu, jam 12.00-18.00 WIB.

"Berdasar pada laporan petugas Pos Penilaian Gunung Api Semeru yang kami terima jika berlangsung awan panas letusan sejumlah 2x dengan amplitudo 28-30 mm," kata Kepala Sektor Kedaruratan, Pemulihan, serta Rekonstruksi Tubuh Penangkalan Petaka Wilayah (BPBD) Lumajang Joko Sambang di Lumajang, Rabu.

Selain itu, kegiatan kegempaan Gunung Semeru pula mengidentifikasi letusan 5 kali dengan amplitudo 14-22 mm serta gempa tektonik jauh 1x dengan amplitudo 25 mm. "Untuk pengawasan secara visual Gunung Semeru tertutup kabut dan asap kawah tidak teramati, setelah itu buat letusan tidak juga teramati," paparnya.

Dia mengucapkan posisi Gunung Semeru masih tingkat III atau waspada, hingga orang dihimbau tidak beraktivitas apa saja di bidang tenggara di sejauh Jenguk Kobokan, sepanjang 13 km dari pucuk (pusat erupsi).

Di luar jarak itu, lanjut ia, orang tidak lakukan aktivitas di jarak 500 mtr. dari pinggir sungai (sempadan sungai) di sejauh Tengok Kobokan karena memiliki potensi terlanda pemerluasan awan panas dan saluran lahar sampai jarak 17 km dari pucuk.

Ia pula menghimbau penduduk tak melakukan aktivitas dalam radius lima km dari kawah/pucuk Gunung Api Semeru sebab riskan pada bahaya lemparan batu pijar.

Joko pula memohon warga waspada kekuatan awan panas tiadaan (APG), tiadaan lava, serta lahar di sejauh saluran sungai/lembah yang berhulu di pucuk Gunung Api Semeru. "Khususnya sejauh Jenguk Kobokan, Jenguk Bang, Tengok Kembar, serta Tengok Sat dan kekuatan lahar pada sungai-sungai kecil yang disebut anak sungai dari Tengok Kobokan," tangkisnya.(Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak