BRI Dinobatkan sebagai Bank Terbaik di Indonesia dan Internasional


Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari dunia internasional. Kali ini, The Banker, media keuangan dan ekonomi ternama berbasis di London, menobatkan BRI sebagai bank terbaik di Indonesia dalam daftar Top 1000 World Banks 2023 yang dipublikasikan pada Rabu, 5 Juli 2023.

Prestasi tersebut menjadikan BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dan menduduki peringkat ke-109 dunia pada daftar Top 1000 World Banks 2023 yang disusun berdasarkan kinerja keuangan pada tahun 2022. Penilaian dilakukan berdasarkan aspek-aspek seperti balance sheet, income statement, dan capital adequacy.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengungkapkan rasa terima kasih kepada The Banker karena mengakui kinerja positif BRI secara objektif, kredibel, dan transparan. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa BRI telah berhasil mempertahankan pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan di tengah kondisi ekonomi yang menantang, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Sunarso juga mengapresiasi kontribusi seluruh Insan BRILian (pekerja BRI) yang telah bekerja keras dan memberikan yang terbaik. Ia menyatakan bahwa prestasi ini akan menjadi motivasi bagi BRI untuk terus memberikan nilai ekonomi dan sosial kepada seluruh pemangku kepentingan.

Selain itu, Sunarso juga mengabdikan pencapaian ini kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang merupakan inti bisnis BRI dan tulang punggung perekonomian nasional.

The Banker juga mencatat bahwa tahun 2022 merupakan tahun yang menantang bagi industri perbankan global. Bank sentral di seluruh dunia melakukan pengetatan kebijakan moneter setelah satu dekade suku bunga rendah hingga negatif, sebagai respons terhadap beberapa guncangan, termasuk pandemi COVID-19, guncangan rantai pasokan, perang di Ukraina, dan meningkatnya inflasi.

Meskipun kenaikan suku bunga baru-baru ini menguntungkan bank, perubahan ini juga membawa tantangan yang memengaruhi neraca bank. Risiko inflasi dan ketidakpastian ekonomi yang tinggi masih ada di banyak pasar.

Meski demikian, BRI terus menunjukkan performa yang kuat dan stabil, serta mampu memberikan kontribusi nyata kepada perekonomian nasional.(***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak